Nihongo

Sebelum belajar Nihongo kali ini, baca dulu halaman `pojok hariku `  ya……

Dhupie will be with you to learn about Japanese…

Call Dhupie with Dhupie sensei.

Sensei : guru (untuk menyebut guru bagi orang lain, letaknya di belakang nama orang)

HAJIMERU

Dhupie dan Piko…

NIHONGO

Hajimemashite

Watashi wa Dhupie desu

Watashi wa Nihongo ga suki desu

Watashi no jusho wa Jl. Tirai Bambu 37 Jungle desu

Watashi wa Si Chuan no shogako gakusei desu

INDONESIAGO

Perkenalkan

Aku adalah Dhupie.

Aku suka bahasa Jepang

Alamatku Jl. Tirai Bambu

No. 37 kota Jungle.

Aku murid sekolah dasar Si Chuan

Kotoba {kosa kata}

Hajimeru: perkenalan

Nihon : Jepang

Go : bahasa (digunakan setelah nama negara)

Nihongo : Bahasa Jepang

Indonesiago : Bahasa Indonesia

watashi : aku

wa : adalah

desu : kata sifat (digunakan pada setiap kalimat yang tidak menunjukkan kata kerja)

ga

<!–[if !supportLists]–>u <!–[endif]–>partikel ga (untuk memberikan tekanan

pada kata benda sebelumnya)

<!–[if !supportLists]–>u <!–[endif]–>tetapi (penghubung kalimat)

no : punya, milik (diletakkan setelah subyek).

Rei {contoh}

Dupie no gohan (nasinya/milik Dhupie)

jusho : alamat

shogako : sekolah dasar

gakusei : murid

gohan : nasi

Dhupie said…

Dari empat kalimat aja, banyak sekali pengertian dan penjelasan-penjalasan yang harus gue tulis. Padahal disitu belum ditulis juga tentang keterangan tata bahasanya. Hal ini nujukkin bahwa Bahasa Jepang emang beragam dan harus dipelajari sungguh-sungguh. So….. dalam belajar Bahasa Jepang bersama Dupie selanjutnya akan diajarkan secara sistematis mulai dari pelajaran pertama sampai sebisa Dupie mengajarkan ke kalian semua. Karena Dhupie juga lagi sibuk nihh dikit tapi. Jadi mungkin dalam mengisi blog ini akan bertahap. Harap maklum dan kerjasamanya yach…… Sebelumnya disini Dhupie sebagai penggemar Bahasa Jepang dan juga sedang belajar Bahasa Jepang, maka Dupie minta maaf jika banyak kesalahan-kesalahan. Dupie berharap dengan adanya blog ini, bisa sama-sama belajar dengan kalian semua. Mohon saran dan kritiknya yach…………… kirim aja langsung ke komentar.

Hai`, ijo desu. jaa ne.. imi wa : ok, kurasa sekian dulu, see you…..

ee… to {ehm…} tunggu dulu.. !!!! pemberitahuan bahwa dalam halaman UP DATE, disitu kita bisa belajar Nihongo yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. So kesimpulannya di halaman UP DATE itu akan sering ada perkembangan n disitu tempatnya jawaban-jawaban atas komentar tentang Nihongo. Jadi, (jadi lagi nih) jangan pernah nglewatin halaman UP DATE Yach…… ganbate ne…. imi wa : semangat ya..

nambah nihh…

* Jika menemukan tanda [] berarti disitu adalah cara bacanya

* Jika menemukan tanda {} berarti artinya

* Jika menemukan tanda () berarti penjelasan

<!–[if gte vml 1]&gt; &lt;![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–>

MENGENAI HURUF/ AKSARA JEPANG

Ada tiga jenis huruf yang dipakai untuk menulis dalam bahasa Jepang. Bahasa Jepang sangat berbeda dengan bahasa China, namun huruf-huruf yang dipergunakan untuk menuliskan bahasa Jepang semula berasal dari China di mana konon dikatakan telah diciptakan ribuan tahun yang lalu. Huruf-huruf tersebut disebut kanji, bermula dari gambar benda. Dengan berlalunya waktu, gambar-gambar itu berubah, dan kebanyakan kanji tidak lagi terlihat sebagaimana bendanya semula; kini menjadi kata atau bagian dari kata. Ada sekitar 2000 kanji yang umum dipakai. Anak-anak mempelajari 1006 kanji di sekolah dasar dan 939 kanji lagi di sekolah menengah pertama.

Selain huruf kanji, orang Jepang juga menggunakan dua perangkat huruf fonetik, yaitu hiragana dan katakana, keduanya dikembangkan dari kanji. Tiap perangkat terdiri dari 46 huruf, yang merupakan suku-kata (biasanya berupa satu konsonan dan satu vokal, seperti “ka”). Dengan tambahan titik-titik khusus pada huruf tertentu, terjadi perubahan bunyi sehingga huruf-huruf ini dapat mengungkapkan semua bunyi dari bahasa Jepang modern. Hiragana dipakai bersama dengan kanji untuk menuliskan kalimat Jepang umum. Katakana dipakai untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa lain, nama orang dan tempat non-Jepang, bunyi, dan suara hewan.

Ada banyak dialek lokal dalam bahasa Jepang, disebut hougen. Untuk menunjukkan benda-benda yang sama, ada berbagai kata dialek yang berbeda-beda. Juga ada macam-macam variasi dalam logat dan intonasi, serta dalam akhiran pada kata kerja dan kata sifat. Meskipun demikian, orang-orang dari berbagai daerah dapat berkomunikasi dengan mudah karena menggunakan bahasa Jepang lisan standar yang sudah diterima secara luas.

Sumber:

http://www.id.emb-japan.go.jp/

Seperti biasanya dalam belajar bahasa harus rajin-rajin dalam menghafalkan kosakata. Kosakata dalam Bahasa Jepang disebut dengan kotoba. Sebelum menghafalkan semua kotoba yang diperlukan dalam setiap pelajaran, maka ada hal yang harus dipahami terlebih dahulu tentang kotoba tersebut. Sebagai catatan, simaklah hal berikut:

  • Mengenai kotoba

Kotoba (kosakata) dalam Bahasa Jepang yang harus dihafalkan adalah kotoba dalam bentuk kamus.

  • Mengenai bentuk kamus

Bentuk kamus maksudnya adalah kotoba yang disajikan dalam kamus Indonesia-Jepang maupun Jepang-Indonesia.

REI {Contoh}

Jika menemui kata tabemasu dan ingin mengetahui artinya maka tidak akan menemukan artinya dalam kamus. Tetapi jika mencari kata taberu dalam kamus maka akan mengetahui artinya yaitu makan. Kata tabemasu tidak ada dalam kamus karena tabemasu adalah kata dalam bentuk ~masu [mas`(k)/mas] yaitu bentuk kata kerja. Jadi kata tabemasu digunakan dalam kalimat yang menyatakan kata kerja.

Taberu (makan) <!–[if gte vml 1]&gt; &lt;![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–> Tabemasu (makan/memakan)

  • Mengenai kata sifat

Kata sifat dalam bahsa Jepang berubah sesuai dengan artinya. REI {Contoh:}

Chikai : dekat

Chikaku-nai : tidak dekat

Chika-katta : dekat (bentuk lampau)

Chikaku-nakatta : tidak dekat (bentuk lampau)

Dalam Bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk kata sesuai penggunaan dan kebuthannya. Masih ada bentuk-bentuk lain selain bentuk kamus dan bentuk ~masu. Untuk bentuk-bentuk tersebut akan ditemui dalam pembelajaran Bahasa Jepang sesuai tingkatannya. Sehingga apabila belajar Bahasa Jepang harus terus menerus didikuti perkembangan dan tingkatannya. Jadi ganbate ne! {semangat ya/good luck}

Sebagai permulaan,sebelum mamuali pelajaran 1 sampai seterusnya akan saya sajikan contoh-contoh percakapan Bahasa Jepang. Bagi yang akan berkunjung ke Jepang dan tidak sempat ke lembaga pendidikan Bahasa Jepang maka selain menguasai Bahasa Inggris, hendaknya memahami Bahasa Jepang.

Aisatsu {salam}

KOTOBA {kosakata}

Hai` : ya

Iie [iie`] : tidak

Dozo : silakan

Onegaishimasu [onegaishimas] : permisi

Arigatou gozaimasu [arigato gozaimas] : terimakasih

Domo arigatou gozaimasu : terimakasihbanyak

Do itashimashite : sama-sama

Iie, kekko desu : tidak, sudah cukup

Sumimasen : maaf

Gomennasai : maaf

Ohayo gozaimasu : selamat pagi

Konnichiwa : selamat siang

Konbanwa : selamat malam

Sayonara : selamat tinggal

(dalam jangka waktu yang lama)

Oyasuminasai : selamat tidur

Mata oaishimasho : selamat tinggal

(dalam jangka waktu yang tidak lama)

Mata ashita : sampai jumpa besok

Ashita [ashta] : besok

Hisashi buri desu ne : It`s a long time not to meet you

Ogenki deshita ka? : apa kabar

Dhupie said….

mohon maaf yach…. untuk beberapa kalimat ada yang Dhupie artikan dalam Bahasa Inggris. Karena untuk kalimat tertentu, lebih bisa dipahami jika diartikan dalam Bahsa Inggris daripada Bahasa Indonesia.

Kaiwa {percakapan}

Noriko san : Eiichi san, ogenki desu [des] ka?

Eiichi san : Hai` genki desu. Arigatou gozamasu.

Noriko san wa mo genki desu ka?

Noriko san : Watashi mo genki desu yo!

Imi wa… {artinya adalah…}

Noriko san : Tuan Eiichi, apa kabar?

Eiichi san : Ya. Baik-baik saja. Terimakasih. Nona Noriko apa juga baik-baik saja?

Noriko san : Ya. Saya juga kabar baik.

Dhupie said…

Untuk selanjutnya pada bentuk ~masu atau ~ desu silakan menghafal sendiri yachh cara bacanya!

Renshuu ! {latihan}

Buatlah beberapa percakapan dengan kosa kata dan pola kalimat yang sudah diajarkan! Ganbate ne! {good luck ya..}

1. A : ……………………………….

B : ……………………………….

2. A : ……………………………….

B : ………………………………

Beberapa percakapan dalam kehidupan sehari-hari

ji : jam

ima : sekarang

chodo : tepat

toire : kamar mandi

kaidan : tangga

ushiro : belakang

<!–[if !supportLists]–>Ø <!–[endif]–>A : sumimasen {permisi}

B : hai

A : ima wa nan-ji desu ka? {sekarang jam berapa}

B : chodo san-ji desu {jam 3 tepat}

Dhupie said….

Untuk lebih memahami hitungan angka dan waktu, pelajari pelajaran-pelajaran Bahasa Jepang selanjutnya secara bertahap. Dhupie ingatkan, setiap ada kosakata baru, segera hafalkan agar lebih lancar dalam belajar.

<!–[if !supportLists]–>Ø <!–[endif]–>A: sumimasen, toire wa doko desu ka? {permisi, dimana kamar kecil}

B: ano kaidan no ushiro desu. {berada di belakang tangga itu}

A: Domo {terimakasih}

<!–[if !supportLists]–>Ø <!–[endif]–>Fumiya san : Rizuka san wa gakusei desu ka?

Rizuka san : Hai`, gakusei desu

Pelajaran 1

KOTOBA

To be continuou…

Dalam menulis pelajaran Nihongo ini Dhupie mencari referensi melalui berbagai buku dan situs internet. Beberapa buku yang Dhupie pakai dalam menulis halaman Nihongo adalah…….

Kano, Chieko,dkk.1998.Basic Kanji Book.Tokyo: Bojinsha CO.,LTD

Taniguchi, Goro.1999 Kamus Standar Bahasa Jepang-Indonesia.Jakarta : Dian Rakyat

World, NHK.2002.Belajar Bahasa Jepang.Tokyo: NHK World

By : Verta_rose

48 Komentar (+add yours?)

  1. abuhaedar
    Mar 03, 2008 @ 08:30:54

    banzai!!!

    Dhupie sensei :

    Hai` arigato ne…

    Balas

  2. pipin
    Mar 17, 2008 @ 01:10:46

    apa bahasa jepangnya cinta??

    Dhupie sensei:

    cinta = ai
    mencintaimu = aishiteru (inikan sudah kata-kata umum)

    Balas

  3. virgin
    Mar 17, 2008 @ 01:14:31

    kok sepi amat sih blognya….., isinya kurang tuh ,,,,,,!!!!!!!

    Dhupie sensei:

    yach.. mungkin pada sibuk kali..

    Balas

  4. vivin
    Mar 23, 2008 @ 02:39:30

    masih kurang banyak tuhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!

    Dhupie sensei :

    Hai`, wakatta (aku mengerti). Aku akan melengkapinya…

    Balas

  5. abuhaedar
    Mar 28, 2008 @ 02:34:04

    telus update te..
    ni hidaruchan kan udah kacih komental..
    gambate…dozo…

    Dhupie sensei :

    Hai, gambarimasu (aku akan berusaha) Domo arigati gozaimasu (thanks very much)

    Balas

  6. rianagandhi
    Mar 28, 2008 @ 02:53:16

    assalamualaikum. pagi shensei duphie…….

    Dhupei sensei :

    Wa`alaikumsalam
    Riana san, nasih ada yang salah tuh. bukan shensei tapi sensei, nggak pake h.

    Balas

  7. ana-chan
    Mar 31, 2008 @ 07:15:20

    ni ana-chan V, aku dikasih mas Dan alamat ini maka tak bukalah, tapi sori cuma tak baca2 sekilas2 habis mesti kerja hehehe,fighting!!!!!!!! keren lho dah punya beginian ana belum punya tuh

    Dhupie sensei: Halah sok sibuk aja… ngapain aja sih di kantor? kapan sempat main? nanti tak kenalin ama Dhupie. Dia cakep lho…

    Balas

  8. bambang
    Apr 20, 2008 @ 08:11:11

    hajimimashite,watashi wa namae no bambang desu

    Dhupie sensei

    :bambang desu ka? Hajimete ne… Boku wa Dhupie desu. Kalimat kamu masih ada yang salah kali yach.. Yang benar hajimimashite,watashi no namae wa bambang desu.

    Balas

  9. mas double you
    Mei 26, 2008 @ 06:04:24

    bisa minta tolong doong!
    mo ngirim surat ke eiichiro oda sensei neeh…
    boleh yaa?
    Dhupie sensei :

    Boleh aja. Ada beberapa info tuh di tulisan, tapi kayake dah tahu kali ya……
    banyak cara kali untuk komunikasi dengan Eiichiro Oda san. Cari e-mailnya atau gimana, maaf hanya segitu infonya. Ganbate ne…

    Balas

  10. Geby
    Mei 27, 2008 @ 01:36:26

    arigato gozaimasu……Dhupie sensei…
    hajimemashite.
    watashi wa geby desu.
    dozo yoroshiku…
    Dhupie sensei:

    Geby san desu ka? Nihongo ga suki desu ka? Anata wa doko karakimashita ka?

    Balas

  11. Reza
    Mei 31, 2008 @ 05:13:15

    Hajimimashite,boku wa Reza Ollong desu. Ambon karakimashita. Ee..to, anatawa doko ni sundeimasu ka.

    Dhupie sensei:

    Hai` wakatta. ima wa, Malang ni sunde iru. UM no daigaku gakusei da. atashi mou anata ni natsukoshi da yo…
    ganbate ne…

    Balas

  12. imelda
    Jun 04, 2008 @ 05:34:31

    maaf saya imelda mahasiswa bahasa jepang yang sedang melakakun penelitian tentang perbandingan tingkat tutur bahasa jepang dengan bahasa jawa. sekarang saya kesulitan mencari data tentang percakan bahasa jepang yang didalamnya terdapat kalimat sonkeigo dan kenjoogo. kalau teman2 ada yang punyai saya mohon bantuannya. makasih ya

    Dhupie sensei:

    Imelda san, ada lumayan tuh untuk referensi meski nggak lengkap. Lihat di halamam Nihongo yang judulnya `kalimat sopan`. Imelda san, lihat e-mailnya Yach….. Ganbate ne.. Banzai…

    Balas

  13. Rusita
    Jun 04, 2008 @ 12:30:56

    hai dhupie sensei…kpn plg?kgn nih…jgn lupa rppny ya…miss u…

    Dhupie sensei:

    He… he… arigato May_san.
    RPP tunggu aja ya jeng… Ni masih ujian. Doakan lancar dong… Semangat!!!!

    Balas

  14. reni
    Jul 07, 2008 @ 12:10:36

    hai.salam kenal aja….pengen praktek bahasa jepang langsung.gmana ya caranya? trus, bs ajarin aku percakapan dikantor yang sopan? onegai ne……..domou arigatou gozaimasu

    Balas

  15. akafuji
    Jul 13, 2008 @ 12:08:50

    kawaii blog desu ne!! gambatte ne, nobi _chan!

    Balas

  16. ana-chan
    Jul 14, 2008 @ 08:55:30

    hai V-chan piye kabare??? dah dimalang ta? hehehe harap maklum kagak pake bhs jepang, habis kagak bisa sama sekali T_T, kapan ya bisa maen………….,pokoke fighting lah ^_^
    Vertarose:

    Semangat !!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  17. finda-chan
    Sep 18, 2008 @ 07:22:28

    Konnichiwa sensei, watashi no namae wa finda desu..
    mw nnya2 soal kanji nih..
    bedanya hiragana ama katakana apaan ya..???
    maklum nih sensei,,
    bru blajar nihongo + kanjinya..
    hheee…

    yoroshiku onegaishimasu..
    domo arigatou gozaimasu..
    konnichiwa…

    Dhupie sensei:

    Konnichiwa Finda san, genki? Dozo yoroshiku ne. pada awalnya orang Jepang hanya mempunyai bahasa lisan tanpa tulisan. pada tahun entah berapa saya lupa, seorang belajar ke negeri Cina untuk mempelajari tulisan kanji. Akhirnya orang itu menciptakan sendiri huruf |Hiragana dan Katakana dari huruf kanji tersebut. Hiragana digunakan untuk menulis bahasa Jepang asli, dan katakana untuk menulisa kata-kata serapan seperti ice cream, orang Jepang menyebutnya aisu kurimu. Nah, aisu kurimu itu cara menulisnya pakai katakana. sedangkan huruf kanji sendiri juga digunakan dalam Bahsa Jepang, namun tidak semua huruf kanji cina digunakan. huruf kanji Jepang ada yang penulisannya digabung dengan hiragana. Untuk pembaca yang lebih mahir, mohon diralat kalau ada salah, sensei juga manusia, kita sama-sama belajar. Ganbate ne.. BANZAI!

    Balas

  18. sweeTZ_Kirei
    Okt 12, 2008 @ 04:43:12

    sensei…
    tolong doooonk…
    saya lagi bingung..
    ada tugas nyari tau tentang sejarah hiragana…
    kasi tau dooong…

    Dhupie sensei:

    Tenang… kalau rajin belajar, pasti bisa. Tuh ada beberapa tentang hiragana di halaman Nihongo yang judulnya `tenatng huruf`

    Balas

  19. gphagiant
    Okt 17, 2008 @ 18:59:25

    blognya informatif…

    salam kenal…

    Vertarose:

    Kenal balik. Namanya mana?? Thanks yach…

    Balas

  20. sherly
    Nov 04, 2008 @ 06:38:14

    hai sensei…
    ogenki desuka….??
    watashiwa sherly desu…
    emmmm….
    cuma mau nanya ne sensei…
    aku kan sekarang lagi belajar bahasa jepang….
    tapi belajarnya thu sendiri…
    pake buku gitu d….
    trussss…
    ada kata-kata yang aku kurang mengerti…
    misalnya ne ya…
    “bunga yang cantik itu…”
    nah bahasa jepangnya thu “sono hana ga utsukushi desu…??”
    apa “sono utsukushi hana wa desu…???”
    agak membingungkan ne sensei….
    heheheeee…..
    mohon dijawab yah sensei…
    thankzzzzz…..

    Dhupie sensei:

    Konnichiwa Sherly san, …. yang benar adalah pada kalimat kedua. karena pada kalimat pertama, tata bahasanya salah. Silakan diperhatikan lagi tentang penggunaan kata wa dan desu.
    *sono utsukushi hana wa desu
    pada kalimat di atas, pekletakan wa dan desu tidak benar. karena kata wa seharusnya terletak setelah penggunaan kata benda. sedangkan kata desu digunakan setelah kata sifat. dalam kalimat tersebut, kata sifatnya adalah utsukushi: indah. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.
    Semangat belajar yach …

    Balas

  21. sefi
    Nov 07, 2008 @ 06:58:38

    hajimemashite watashiwa sefi desu,dozo yoroshiku onegaishimasu…

    tolong kasih informasi universitas di indonesia yang ada fakultas sastra jepangnya,soalnya aku pengen mendalami basaha jepang…
    soalnya bingung biz lu2s nanti mo kuliah dmn ?
    blz k emailku ya : ryu_takarai@yahoo.co.id

    otsukaresama deshita
    ja ne !
    Dhupie sensei:

    Banyakk banget Universitas di Indonesia yang ada jurusan Bahasa Jepangnya.
    (data diambil dari berbagai sumber antara lain The Japan Foundation )
    1. Universitas Indonesia Sastra Jepang D3 S1 S2 S3

    2. UPI Pend B. Jepang S1 S2

    3. Unpad Sastra Jepang D3 S1

    4. UNJ Pend. B. Jepang S1

    5. UNESA Pend. B. Jepang S1

    6. UGM Linguistik B. Jepang D3 S1

    7. Unbraw Bahasa Jepang D3

    8. USU Sastra Jepang S1

    9. UKM Sastra Jepang D3 S1

    10. STBA Yappari Sastra Jepang D3 S1

    11. LIA Jakarta Bahasa Jepang D3 S1

    12. Unsada Sastra Jepang D3 S1

    13. Binus Jakarta Bahasa Jepang D3 S1

    14 U. Borobudur Jkt Bahasa Jepang D3

    15. Unikom Bandung SastraJepang S1

    16. U. Widyatama Bdg Bahasa Jepang D3

    17. ABA YPIK Jogya Bahasa Jepang D3

    18. UNES Bahasa jepang dan pariwisata D3 S1

    19.Untag Surabaya Bahasa Jepang S1

    20. Undip Semarang Bahasa Jepang S1

    21. Universitas Al Azhar Jakarta Sastra Jepang S1

    22. Akademi Pariwisata Medan Bahasa Jepang D3

    23. STBA Harapan Medan Bahasa Jepang S1

    24. STBA Swadaya Medan Bahasa Jepang S1

    25. Universitas Andalas Sumbar Sastra Jepang S1

    26.Universitas Bung Hata Padang Sastra Jepang S1

    27. Universitas Muhammadiyah Jakarta Pendidikan

    Bahasa Jepang S1

    28. Universitas Nasional Bandung Bahasa Jepang S1

    29. Universitas Pakuan Bogor Bahasa Jepang S1

    30. ABA 17 Agustus Semarang Bahasa Jepang D3 S1

    31. Universitas AKI Semarang Bahasa Jepang D3

    32. Universitas Dian Nusontoro Smg Bahasa Jepang D

    33. STBA Malang Bahasa Jepang D3

    34. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Bahasa Jepang S1

    35. Universitas Dr, Soetomo Surabaya Bahasa Jepang S1

    36. Universitas Kanjuruhan Malang Bahasa Jepang S1

    37. ABA YIPK Yogyakarta Bahasa Jepang S1

    38. Universitas Teknologi Yogyakarta Bahasa Jepang S1

    39. Universitas Hasanudin Makasar Sastra Jepang S1

    data terbaru tentang lembaga lemabga yang membuka jurusan bahasa dan satra jepang versi Dikti tahun 2007.

    Balas

  22. revelino
    Nov 07, 2008 @ 18:46:46

    numpang belajar bahasa jepang. biar gampang keliling ke situs jepang . he he he
    Dhupie sensei:

    DOzou .. silakan ..

    Balas

  23. ainur
    Nov 18, 2008 @ 07:57:32

    namae wa sensei desuka ,sensei wa kaisha no doko desuka nanji kara nanji made hatarakimasuka

    Dhupie sensei: Imi wa dou? Maksudnya apa? Kalimatnya agak membingungkan tuh… `namae wa sensei desuka` seharusnya `namae no sensei wa dare desu ka?` (nama sensei siapa) Jawabannya Watashi no namae wa Verta desu. (nama saya Verta).
    Daerah Jepang?? Boku wa mada Nihon e iku (aku belum ke Jepang). Tabun, yume dake ne.. hee..

    Balas

  24. ainur
    Nov 18, 2008 @ 08:00:34

    sensei nihongo benkyosimashitaka sensei daerah jepang itu gimana

    Balas

  25. diedoth
    Des 30, 2008 @ 19:45:56

    wew…
    keren om…
    saia juga lagi belajar nihongo nii…
    tapi bingung musti dmn nyari materinya, yg buat pemula gitu…
    saia pnya bukunya, tapi buat lanjutan..jd susah ngikutin nya…
    ada sih tmen yg ngasiih sdikit materinya, tapi masih bingung juga musti mulai dari mana..
    boleh minta sarannya??
    tolong eaa siapa ajja iang mau ngasih saran(lebih bagus lagi kalo mau ngajarin^^)
    ini alamat e-mail saia,,
    kay_bandit24@yahoo.co.id
    please,,!!
    di tunggu iaa…^^

    Balas

  26. Novita
    Jan 13, 2009 @ 06:19:52

    Hei, aku mau nanya, apa di jurusan bahasa Jepang UNES ada dosen yang bernama Yoyok sensei?

    Kalau ada dan kamu tau alamatnya / no.Hp nya …..tolong kasih tau aku ya ….. Trims

    Balas

  27. zakaki
    Mar 31, 2009 @ 07:25:12

    hajimemashite watashi wa zakir desu youroshiku onengashimasu ima watashi wa tokyo ni imasu iroiro nihongo o oshitekudasai .tolong a mtk bantuan tuk melengkapi bhs a yg masih kurang cz a msh bodoh ,cz a sering byk salah dlm menggunakan kata2ya
    seblm ya trimakasih

    Balas

  28. yoshi pranoto
    Jun 13, 2009 @ 13:22:59

    hajimemaste : yosi desu
    yorosiku onengaisimas,,

    Balas

  29. dwi septiani l
    Jun 17, 2009 @ 07:15:04

    ak mau banget masuk jurusan pen. bahasa jepang.. kata orang2 seh prospek kerjanya ga bener..bener ga seh???

    Balas

    • vertarose
      Jun 25, 2009 @ 01:20:46

      Semangat aja karena jika berusaha pasti berhail dan membuahkan hasil. Belajar apapun, nggal ada yang sia-sia. Ganbtte ne…

      Balas

  30. joyce
    Jul 03, 2009 @ 09:27:31

    kalau belajar secara otodidak bisa mahir sampai berapa lama

    Balas

    • vertarose
      Mar 31, 2010 @ 08:02:01

      tentang itu kurang tahu. tetapi sepanjang kita berusaha, pasti bisa. terus dan terus mencoba…. ganbatte!

      Balas

  31. suci
    Des 21, 2009 @ 07:29:19

    thx ych….. bisa menambah pnetahuan

    Balas

  32. list
    Des 21, 2009 @ 07:30:26

    hehehe hai

    Balas

  33. wina
    Mar 09, 2010 @ 06:56:54

    Assalamualaikum wr.wb. Af1 wina namaku . wina suka bahasa jepang tapi gak bisa bahasa jepang mau belajar bolehkan? baru belajar hiragana dari buku yang aku beli. Tapi belum menguasai .Mudah2an ini jalan wina belajar bahasa jepang. wina pengen ke jepang pengen ketemu ma muslim dijepang dan menjalin pertemanan dengan mereka. sensei ajari wina. coz wina gak bisa kuliah karena keterbatasan ekonomi. tapi wina gak kan pantang mundur.Jazakillah khairan katsira to saudariku yang di sayang Allah.wasalamualaikum wr.wb.

    Balas

    • vertarose
      Mar 31, 2010 @ 07:54:40

      Wassalamualaikumm wr.wb. sama banget keinginan keinginan itu. Wina san, buka facebook ya, sama vertarose. lengkapnya vertarose@gmail.com. semoga bisa saling berbagi dan melanjutkan cita-cita. semangat… ganbate…

      Balas

  34. Yunafa Narnia
    Mei 30, 2010 @ 06:43:16

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. watashi wa Yuna. Yuna ingin sekali belajar bahasa Jepang. tapi, nggak punya bukunya coz, sekarang keluargaku lagi krisis ekonomi. boleh ikut belajar nggak?

    Balas

  35. Aiko Shilvia
    Jun 03, 2010 @ 06:15:40

    Sughoi Dhupie-sama. .

    Balas

  36. andry
    Jun 19, 2010 @ 15:31:59

    eto…..anata wa jouzu desu yo……arigato ne..????????hajimemashite watashi wa andori……….??????????yoroshiku onageshimasu…

    Balas

  37. ngabei
    Nov 30, 2010 @ 13:22:59

    di untag surabaya sastra jepang ada kelas sore atau kelas sabtu minggu apa tidak sensei??? saya dari sastra jepang unitomo tapi gak ada kelas sorenya.akhirnya pindah ke s1 perikanan. tapi masih teringat terus bahasa jepangnya… watashi wa nihon ni sumitai desu… mohon dikomentari ya sensei via email di ngabei_paundra karna@yahoo.co.id atau di 085655195194 arigatou gozaimasu….

    Balas

    • vertarose
      Okt 22, 2011 @ 03:17:41

      tidak tahu juga. biar saya bisa dikit bahasa Jepang, gak pernah kuliah Jepang. karna gak boleh. tapi bakat ini terus kudalami.

      Balas

  38. dewi sekarsari
    Okt 09, 2011 @ 12:33:52

    hey hajimemashite
    watashi wa dewi sekarsari desu
    watashi wa SMA96 no seito desu

    hmm.. mau nanya cara mudah buat ngapalin huruf”hiragana itu gumana ya ?
    abisnya susah banget buat ngapalin huruf” hiragana itu … ?

    arigato gazaimasu🙂

    Balas

    • vertarose
      Okt 22, 2011 @ 03:10:17

      OK ok. gampang asal dengan niat rajin. bikin kamus kecil huruf hiragana. dari kertas kecil kecil seukuran ktp lah atau separonya. tulis disitu masing-masing huruf. bawa kesana kemari untuk dihafal. Insyaallah… semoga berhasil ya. ganbate ne!!

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s